STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA

A. Pengertian Dan Kalsifikasi Strategi Pembelajaran Bahasa

1. Pengertian Strategi
adalah suatu teknik yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan  dan strategi dapat pula diartikan sebagai suatu keterampilan yang mengatur suatu kejadia atau peristiwa.

2. Pengertian Belajar
kata belajar yang berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Pada hakikatnya melakukan kegiatan belajar sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efesien.

3. Pengertian Strategi Belajar
yaitu bahwa strategi pembelajaran meliputi kegiatan atau pemakaian teknik yang dilakukan oleh pengajar mulai dari prencanaan, pelaksanaan kegiaatan sampai ketahap evaluasi, serta program tindak lanjut yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu .
juga bisa dapat diartikan melalui pola keterampilan pembelajaran yang dipilih dosen atau pengajar untuk melaksanakan program pembelajaran keterampilan berbahasa indonesia. Penggolongan strategi belajar:
A. Strategi Mengulang
strategi mengulang terdiri atas mengulang sederhana dan mengulang kompleks
- mengulang bsederhana digunakan untuk sekedar membaca ulang materi tertentu dan hanya untuk menghafal saja
- Penyerapan bahan belajar yang lebih kompleks yang menggaris bawahi ide-ide kunci, membuat catatan pinggir dan menuliskan kembali inti informasi yang telah diterima merupakan bagian dari kegiatan mengulang kompleks.
B. Strategi Elaborasi
pembuatan catatan analogi dan PQ4R. PQ4R adalah singkatan dari preview (membaca selintas dengan cepat ) question ( bertanya) dan 4R singkatan dari read, reflect, recite dan review atau membaca, merefleksi dan menanyakan pada diri sendiri dan mengulang secara menyeluruh . strategi ini strategi yang terbukti efektif dalam membantu peserta didik menghafal informasi bacaan.
C. Strategi Organisasi
yaitu membantu pelaku belajar meningkatkan kebermaknaan bahan-bahan baru dengan struktur pengorganisasian baru  atau terdiri dari pengelompokan ulang ide-ide atau istilah menjadi bagian yang lebih kecil .
bentuk strategi oragnisasi adalah
outlining ( membuat garis besar )
mapping ( pemetaan konsepn)
mnemonics ( membentuk kategori  khusus , pemotongan, akronim dan kata  berkait ).
D. Strategi Metakognitif
 strategi kemampuan dan berfikir  oleh peserta didik dengan belajar tepat sesuai kemampuannya yang memiliki dua komponen yaitu tentang kognisi dan mekanisme pengendalian monitoring kognisi.

 4. Strategi Metakognitif Dan Sosio- Kognitif
berikut kategori strategi pembelajaran menurut O’Malley.
a. Strategi Metekognitif
b. Strategi Kognitif
c.Strategi Sosio-Afektif

5. Klasifikasi Strategi Pembelajaran
adalah pengelompokan strategi pembelajaran berdasarkan segi-segi yang sejenis terdapat dalam setiap strategi pembelajaran.
a. Tujuan Pengajaran
dalam pembelajaraannya dikenal dua macam pengarajaran , tujuan instruksional ( instructional effect) dinyatakan secara eksplisit dalam gbpp ( garis-garis besar program pengajaran )dan tujuan ringan ( nurturant effect) diperoleh peserta didik jika ia terlihat dalam proses pembelajaran.
tujuan yang berbeda mengharuskan pengajar memilih dan menentukan strategi pembelajaran yang berbeda pula .
b. Pengajar
setiap pengajar dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan sebagai pengajar yang profesional dalam bidangnya
c. Peserta Didik
hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih dan menentukan strategi pembelajaran yang tepat adalah peserta didik.
d. Materi Pelajaran
materi ini dapat dibedakan antara materi formal (isi pelajaran yang terdapat dalam buku teks resmi disekolah) dan informal ( bahan-bahan pelajaran yang bersumber dari lingkungan sekolah yang bersangkutan)
e . Metode Pengajaran
yaitu karena metode pengajaran ini perlu suatu metode akan mempengaruhi bentuk strategi pembelajaran.
f. Media Pembelajaran
itu seperti peralatan laboratorium yang modern, komputer, lcd dan lain-lain.
g. Faktor Administrasi Dan Finansial
faktor-faktor ini tidak boleh diabaikan dalam pemilihan starategi pembelajaran dalam segi administrasi dan finansial seperti jadwal pelajara, kondisi gedung dan ruang belajar.

6. Jenis Strategi Pembelajaran.
a. Strategi Pembelajaran Berdasarkan Penekanan Komponen Dalam Program Pengajaran
1. Strategi Pembelajaran Yang Berpusat Pada Pengajar
2. Strategi Pembelajaran Yang Berpusat Pada Peserta Didik
3. Strategi Pembelajaran Yang Berpusat Pada Materi Pengajaran.

b. Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kegiatan Pengolahan Pesan Atau Materi
1. Strategi Pembelajaran Ekspositoris
2. Strategi Pembelajaran Heuristik Atau Kuriorstik.

c. Strategi Pembelajaran Berdasarkan Pengolahan Pesan Atau Materi
1. Strategi Pembelajaran Deduksi
2. Strategi Pembelajaran Induksi.

d. Strategi Pembelajaran Berdasarkan Cara Memproses Penemuan
1. Strategi Pembelajaran Ekspositoris
2. Strategi Pembelajaran Discovery.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Strategi Belajar Mengajar

ANALISIS KONTRASTIF Dalam PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA